Review Bonus Track

Judul                     : Bonus Track
Penulis                 : Koshigaya Osamu
Penerjemah        : Andry Setiawan
Penerbit              : Penerbit Haru
Tebal                    : 380 halaman
Genre                  : Fantasi



Blurb
Aku sendiri pun terkejut. Aku tidak pernah berpikir akan menjadi hantu dan bergentayangan.

Kusano Tetsuya bekerja di sebuah restoran hamburger besar di kotanya. Suatu malam, saat ia pulang kerja sambil mengendarai mobilnya, ia menjadi saksi tabrak lari. Sebuah mobil sport hitam melaju dengan kencang, meninggalkan seorang pemuda bertubuh kecil tergeletak di jalanan di tengah hujan.
Kusano mencoba untuk menolong pemuda itu, bahkan sampai memberikan napas buatan. Namun semua sudah terlambat. Semalam suntuk ia harus memberikan pernyataan di kantor polisi.
Gara-gara itu, Kusano demam tinggi dan bahkan berhalusinasi. Pemuda korban tabrak lari itu muncul di kamarnya, tidur-tiduran di atas sofanya, dan bahkan berbuat usil!
Tapi, apa itu benar-benar hanya halusinasi? Halusinasi itu sendiri sih mengaku kalau ia adalah hantu….

Kadang bonus track itu sendiri malah lebih baik dibandingkan dengan keseluruhan album.


***
Kusano Tetsuya menjalani hidupnya yang biasa-biasa saja sebagai pekerja di sebuah restoran burger. Ia tak pernah berpikir akan menjalani hari-harinya dengan hantu jika saja ia tidak mengalami peristiwa kala itu. Hujan deras yang mengguyur ketika ia pulang kerja, menghadapkannya dengan cuplikan peristiwa menyeramkan, yaitu tabrak lari seorang pemuda. Kusano, yang kala itu menjadi saksi seorang diri mau tak mau harus turun tangan untuk mengatasi masalah itu –yang sebenarnya bukan masalahnya-. Tapi, hal aneh terus menimpanya setelah kejadian itu. Ia terus digentayangi oleh seorang arwah pemuda tabrak lari itu yang ternyata bernama Ryota. Awalnya, Kusano terus mencuekkannya karena ia berfikir itu hanya halusinasinya saja. Namun, setelah beberapa lama, ia tak dapat mengelak bahwa ia benar-benar dibuntuti oleh Ryota.
Konflik dimulai ketika Kusano mengajak teman-temannya untuk ikut serta dalam memecahkan masalah ini. Mulai dari Minami yang ternyata bisa melihat Ryota, sampai perjuangan Kusano dan Minami dalam menangkap penabrak Ryota. Lalu, apakah penabrak tersebut bisa tertangkap dan tepat sasaran? Lalu bagaimana kelanjutan kisah Ryota dan Kusano?
Seperti biasa, Koshigaya sensei selalu menghadirkan hal yang berbeda dalam setiap novelnya. Salah satunya novel Bonus Track ini. Kenapa judulnya harus Bonus Track? Eitz…Di novel ini udah diulas kok hehe. Judulnya yang unik ternyata menular ke alurnya juga. Alurnya sangat unik dan mengalir dengan tenang. Mulai dari pengenalan tokoh Kusano,Ryota,sampai dengan bagaimana Minami –teman Kusano- juga turun tangan dalam penyelesaian kasus ini. Sehingga, kesannya menjadi tidak tergesa-gesa. Menurut saya, novel ini tidak membuat pembaca menjadi jengah. Sebab, novel ini tidak hanya menceritakan dari sisi Kusano saja, tetapi dari sisi Ryota pun juga diceritakan. Serta penambahan tokoh yang membantu dalam tahap evaluasinya tidak membingungkan dan alurnya tetap santai.

Saya harus mengakui bahwa novel ini memiliki pesan moral yang luar biasa bagus. Dimana setiap hidup tidak semudah yang dijalani oleh Kusano, yang harus banting tulang untuk memenuhi kehidupannya. Belum lagi ia harus tertimpa masalah dimana masalah itu tidak seharusnya ia tangani.

Rating untuk novel ini 

Komentar