Pengalaman Brawijaya English Tournament (BET) 2017

A Yo semuanya! Setelah hiatus dari dunia perbloggeran karena terlalu fokus dengan hal-hal lainnya (tugas, ujian, tugas, ujian), kali ini saya kembali dengan membawa sebuah cerita dan -mungkin bisa jadi- sedikit tips dan gambaran buat yang ingin mengikuti Brawijaya English Tournament atau biasa disingkat dengan BET.
.

Sebelumnya, apa, sih BET itu?
Bagi teman-teman yang udah pernah ikut ajang BET ini pastinya udah ga asing lagi dong dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan BET ini -bahkan nama panitianya sekalipun kali ya XD-
Namun, bagi teman-teman yang -mungkin- akan mengikuti ajang BET ini dan belum pernah mengikuti ajang ini pastinya masih rada-rada asing gitu, 'kan tentang BET?
BET adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh FORMASI (organisasi bahasa Inggris) Universitas Brawijaya yang mengasah kemampuan kita dalam berbahasa Inggris terutama dalam  speaking atau kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Dari tahun ke tahun, BET memiliki tiga cabang lomba, yaitu debate (debat), speech (pidato), dan story telling (bercerita). Namun, pada tahun 2017, BET menambah satu lagi cabang lombanya yaitu news casting (menyiarkan berita) dengan kata lain, news casting ini masih menjadi lomba perdana di ajang BET, dan inilah lomba yang saya ikuti dan yang akan saya ceritakan, News Casting on BET. 

Source ig :  @bet.2018
(gambar di atas adalah logo BET 2017 dan slogannya)


Source ig :  @bet.2018
(Gambar lomba newscasting BET)


Cerita dimulai pada hari pertama
So, BET itu dilaksanakan sekitar tiga hari, guys. Jamanku dulu pelaksanaannya pas hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Hari Jumatnya itu, aku dan rombongan dari sekolahku itu berangkat pagi-pagi banget demi mengejar technical meeting yang dilaksanakan pada hari pertama. Oh iya! Sebenarnya, jauh-jauh hari sebelum BET dimulai, kalian akan dihubungi oleh LO (kakak pendamping) lewat WA / SMS supaya kalian ga kebingungan waktu di Universitas Brawijaya nanti, guys -maklum guys, kampusnya luas dan gedhe banget, kalau belum kebiasa bisa nyasar kaya saya waktu itu-. Jadi, agenda pertama kali yang harus dilakukan adalah menghubungi kakak LO. Bilang ke kakak LOnya kalian ditunggu dimana, sudah sampai mana, pakai baju apa, atau kalau bisa kalian bawa kertas bertuliskan "Cari Kakak LO namanya Kak X"

.

Sesudah ketemu dengan kakak LOnya, kalian pasti akan diarahkan ke hall buat mengikuti acara pembukaan BET yang dilanjutkan dengan technical meeting di ruangan yang telah dibagi sesuai dengan lombanya. Karena saya ikut news casting, saya diarahkan ke ruangan yang memuat seluruh peserta news casting yang ternyata peminatnya juga lumayan. Nah, pas acara techincal meeting nanti, kalian bakal dikasih arahan seputar lomba , ambil nomor undian, perkenalan dari para juri, dan beberapa tips yang akan membantu kalian buat lomba besok. 
Next, setelah mengikuti serangkaian acara, saatnya pulang ke penginapan dan beristirahat serta melakukan sedikit warming up buat besok. Tapi ingat! Jangan terlalu memforsir tenaga dan pikiran yang bikin kalian gugup dan ga fit buat besok. 


(Suasana saat techincal meeting News Casting)
Sumber ig : @bet.2018
.

.

.
Materi dari news casting dapat dari mana?
Ga perlu khawatir, guys. Panitian BET sudah menyiapkan beberapa wacana (kalau zamanku dulu ada tiga berita) yang siap diremake dan dibuat latihan. Kalau kalian memutuskan buat remake, usahakan kalian sudah meremakenya dan menyesuaikan dengan waktunya dari rumah. Menyesuaikan waktu maksudnya, jangan sampai waktu buat menyampaikan berita itu terlalu minim atau overtime. Ketentuannya akan diupload oleh panitia bersama dengan beritanya tersebut.  Dan, jangan sampai kalian latihan atau remake satu atau dua berita aja, latihan atau remake semua berita yang disajikan. Why? Soalnya nanti kita ga bakal tahu berita mana yang akan dilombakan buat dibaca. Jadi, jaga-jaga dari rumah lebih baik, 'kan?
.
.
.
Hari kedua BET
Inilah hari keramat yang ditunggu-tunggu, hari perlombaan. 
Pas itu, masih tergolong lumayan pagi banget aku udah dijemput kakak LOnya dan diajak ke tempat lombanya. Seperti biasa, acara dimulai dengan pembukaan dan pembacaan mekanisme lombanya. 
.
-Mekanisme Lomba-
Peserta tampil sesuai nomor urut dan belum tahu berita mana yang akan dia baca nanti. Ketika peserta dengan nomor urut satu maju, maka peserta dengan nomor urut dua akan menunggu di waiting list sekaligus mengambil undian yang berisikan kode nomor berita yang akan dibacakan nanti. Begitu seterusnya sampai peserta dengan nomor urut terakhir.
.
-Penilaian-
Seingatku, penilaiannya itu berdasarkan intonasi, lafal, grammar, penampilan, dan kalau ga salah beritanya itu sendiri. Kalau intonasi, lafal, dan grammar itu pasti kalian udah tahu dong. Soal berita itu mungkin maksudnya harus memenuhi komponen-komponen berita, seperti 5W+1H. Dan, soal penampilan itu maksudnya adalah bagaimana sikap kalian saat membawakan berita, posisi duduk, tatapan mata, dan pakaian.
-TIPS!-
Saat membawakan berita usahakan duduk tegap, kaki jangan dibuka lebar, tatapan mata fokus ke arah kamera (ini beneran guys, rasanya seperti casting beneran karena di depan kalian akan ada kamera), pakaian mengenakan blazer (ya intinya setelan formal gitu), jangan nyeleneh dan pakailah pakaian yang senada (misalnya ga senada itu pakai blazer warna biru tapi rok atau celananya hijau muda), dan kalau menggunakan kosmetik jangan terlalu menor alias natural saja. Serta, kalau membawakan berita jangan sampai tergesa-gesa dan menimbulkan kesan kalian lagi grogi. 
Dan lagi, kalau misal kalian ketemu sama angka dan kalian takut kelupaan cara bacanya, kalian kasih aja cara pengucapan angka tersebut di dalam kurung (karena zamanku dulu naskahnya tidak dikumpulkan ke juri)

(Berikut contoh yang saya maksud)
---

Setelah lomba, peserta ga akan langsung dibubarkan begitu saja tapi akan dikasih evaluasi dari para juri.


Source ig :  @bet.2018
(Suasana saat perlombaan news casting. Bisa dilihat, guys di belakang juri itu adalah kamera)

Sesi perlombaan DONE!

.

-Saatnya nunggu pengumuman-

Emang langsung diumumin?
Enggak, kok. Pengumumannya pas acara Breaking Night Party malam nanti.

.

Breaking Night Party itu apa?
Breaking Night Party (BNP) adalah salah satu rangkaian BET yang diadakan malam hari -sekitar setelah Maghrib gitu- yang acaranya nanti meliputi dinner, foto bareng, pertunjukkan-pertujukkan dari pengisi acara, penganugerahan kostum terbaik, dan yang paling mendebarkan adalah pengumuman peserta yang lolos ke babak selanjutnya.
FYI, BNP ini punya tema berbeda di setiap tahunnya. Tahunku kemarin temanya adalah Kingdom, jadi kalian dari rumah harus menyiapkan baju yang match atau cocok dengan temanya itu. Peserta yang lolos ke babak selanjutnya diambil lima belas orang dan sayang sekali aku belum bisa masuk lima belas besar itu. So sad sih, mengingat gimana cerita-cerita pas latihan dulu. Tapi tidak apa-apa, setidaknya saya sudah dapat beberapa ilmu seputar news casting. 

.

Hari ketiga sekaligus hari terakhir 
Karena aku belum bisa tembus lima belas besar, aku ga tahu detailnya kaya gimana. Tapi, yang sedikit aku tahu kalau babak kedua itu adalah membacakan berita dan weather forecast (ramalan cuaca), sementara babak ketiga yang bisa ditembus oleh lima orang peserta itu adalah live report atau siaran langsung, baru ditentukan juara satu, dua, dan tiganya.
Hari terakhir BET juga ditutup dengan menyaksikan secara langsung final debat yang pastinya seru sekali dan juga penutupan sekaligus penyerahan hadiah. Selanjutnya, kita pulang.
.
.
.
-BET SELESAI-

Kesan dan pesan setelah BET?
* Yang pastinya seru, banyak manfaatnya seperti bisa nambah teman dan pengalaman, kakak LOnya ramah, ketemu kakak-kakak keren (eh eh eh XD), dan ini event keren yang menantang banget karena skalanya sudah nasional, guys. Dan untuk news casting sendiri, adjudicator (sebutan untuk juri)nya keren-keren banget, malah salah satunya ada yang dari pihak TVRI juga, lho.
.
.
Bocoran tips saat latihan 
1. Jangan terlalu forsir tenaga, usahakan relaks sehingga apa yang dipelajari bisa bertahan lebih lama di otak.
2. Tandai kata-kata yang pelafalannya masih kurang tepat dan ucapkan berulang kali sampai benar.  Dalam hal ini, kamus aplikasi sangat membantu karena biasanya kamus aplikasi disertai dengan cara pengucapannya oleh native speaker langsung.
(Contohnya ada di gambar)


3. Meskipun ga terlalu forsir tenaga, tapi latihannya jangan setengah-setengah. Usahakan latihan juga buat yang babak kedua dan ketiga meskipun lebih menitik beratkan latihan untuk babak pertama yang merupakan tiket buat masuk ke babak kedua. 
.
.
.
Well, itulah sekilas tentang pengalaman dan tips-tipsku waktu mengikuti Brawijaya English Tournament 2017. Jujur, saya waktu itu masih pertama kali ikut dan masuk menjadi sederetan peserta pertama dalam cabang lomba news casting.
Buat yang akan ikutan BET 2018 dan BET di tahun depan, terus semangat, ya ^_^. 
Semoga sukses selalu dan tambah teman serta pengalamannya ^_^.
.
.
See you ^_^
.
For more information dan foto-foto selengkapnya, bisa cek di ig BET 2018 @bet.2018 atau website resmi BET. Di sana bakal ada info lengkap selengkap-lengkapnya. 
.
.
*P.S. Kalau ada pertanyaan silakan tanya di kolom komentar ya 

Komentar