Review - Novel A&D


Judul : A&D
Penulis : Louisse Carreon
Tebal : 288 halaman
Genre : romance, friendship
Penerbit : Haru
Tahun terbit : 2016
ISBN : 978-602-7742-92-5

.
.
.

Blurb :

Aaron adalah seorang atlet.
Dakota bukan.

Aaron sangat populer. Dakota jelas tidak.
Aaron tampan. Dakota...cantik? Hm...tidak.
Namun, mereka adalah sagabat yang baik.
Aaaron menyukai Dakota...sebagai seorang teman.

Sayangnya, Dakota tidak hanya menyukai Aaron... dia mencintai cowok itu.

Mencintai sahabatmu sendiri itu menakutkan.

Mencintai sahabatmu, sang idola di sekolah... itu lebih menakutkan. 

---

Mungkin pernah terdengar kata-kata 'Laki-laki dan perempuan itu mustahil untuk bersahabat, karena bisa saja perasaan itu tumbuh dan menghancurkan persahabatan mereka. Ada rasa ingin memiliki, namun takut merusak persahabatan mereka.'. Kata-kata ini tidak jauh beda dengan kondisi Aaron dan Dakota yang sudah memulai persahabatannya sejak lama. Mereka saling peduli, bahkan jendela kamar mereka berhadap-hadapan. Mungkin jika dilihat sekilas, mereka ini seperti pasangan yang romantis saja. Tapi sayangnya, mereka hanya bersahabat, tidak lebih. Apalagi saat itu Aaron sudah memiliki kekasih, Annabelle, salah satu siswi cantik dan populer. Tidak ada bedanya dengan Aaron.

Ditambah lagi, Dakota itu hanya gadis culun yang tidak populer, dipandang pun tidak. Berbeda lagi dengan Aaron yang merupakan siswa populer di sekolahnya yang digandrungi oleh seluruh siswi di sekolahnya.

Suatu ketika, Dakota baru menyadari bahwa ia memiliki perasaan yang lebih kepada Aaron. Sayangnya, Dakota harus bertahan di sebuah zona pertemanan atau yang lebih tenar dengan friendzone. Dakota tidak dapat berbuat apapun dan hanya bertahan di zona itu. Hingga suatu ketika, muncullah Dwayne Richardson sebagai murid baru di sekolah Aaron dan Dakota. Dwayne terlihat seperti menaruh ketertarikan dengan Dakota. Terbukti dengan ia yang selalu berusaha mendekati Dakota hingga membuat Aaron risih. 

Dakota tetap menjalin pertemanan dengan Dwayne, dan itu membuat persahabatannya dengan Aaron menjadi merenggang, bahkan hampir putus. Tak lama setelahnya, identitas seorang Dwayne terungkap. 

...

Jadi, novel A&D ini adalah novel Filipina pertama yang aku baca. Novel ini diangkat dari cerita di wattpad yang memadukan genre romansa anak sekolahan, persahabatan, dan kekeluargaan yang terkombinasi sangat manis dan rapi.

Novel ini menceritakan bagaimana, sih friendzone itu. Bagaimana cara mengatasinya dan bagaimana lika-likunya berada di friendzone itu. Jujur, aku sendiri belum pernah merasakan terjebak di zona friendzone itu. Tetapi di novel ini, saya bisa tahu bagaimana lika-likunya berada di zona pertemanan dan jatuh cinta dengan sahabat sendiri. 

Alur dan latar dari novel ini juga sangat klasik dan sederhana, namun manis dan terstruktur -romansa di sekolah, coowk populer, cewek culun, dan perasaan-. Sehingga kesannya tidak berbelit-belit dan langsung on point.

Aura dari masing-masing tokohnya juga keluar dan menyatu dengan alur novelnya. Aaron si cowok populer yang penuh pesona, serta Dakota yang hanya sebagai gadis culun biasa. Saya sangat menyukai bagaimana penulis menggambarkan cara Dakota berbicara sebagai tokoh yang dibilang culun atau dengan kata lain karakter Dakota ini sangat match dengan deskripsi penulis secara tidak langsung lewat percakapannya maupun gerak-geriknya di novel ini. Dakota digambarkan tidak nek-neko. Begitu juga dengan Aaron yang notabenenya adalah cowok populer.

Meskipun konfliknya tidak sepanas yang saya kira, tetapi jalan ceritanya masih sangat seru untuk diikuti dan tidak membosankan serta feelnya masih lumayan dapat.

Jadi, untuk novel ini, saya beri skor 3,5/5

Komentar