Review komik - Sherlock Holmes "The Blind Banker"



Judul : Sherlock "Blind Banker"
Naskah cerita Steven Moffat, Mark Gatiss
Ilustrasi : Jay.
Penerbit : m&c!


(Adaptasi dari serial Sherlock karya Sir Arthur Conan Doyle yang diputar di BBC)

.
.
.

Blurb : 

Malam hari, seorang menyusup ke ruangan di sebuah bank dan meninggalkan sandi rahasia. Sherlock menduga itu pesan yang ditujukan kepada Van Coon, seorang karyawan bank. Namun, Van Coon ditemukan telah mati di kediamannya. 
Sherlock ditantang oleh misteri kode dan pembunuh berantai.

...

"The Blind Banker" adalah seri kedua dari komik "Sherlock" yang mengajak pembaca berpetualangan dan memecahkan kode-kode rahasia dari sebuah agen rahasia yang merangkap sebagai pembunuhan berantai. Kasus ini semakin rumit saat Sherlock dan Watson mencoba menemui Van Coon tetapi Van Coon malah ditemukan tanpa nyawa. 

Semakin Sherlock dan Watson mencari-cari arti kode tersebut, semakin banyak kode tersebut yang menyebar di sekitar Sherlock dan Watson. Masalah in semakin pelik saja.

Berusaha menyegarkan pikiran dari masalah ini, Watson memilih untuk kencan dengan wanita yang dikenalnya untuk menonton sebuah pertunjukkan. Namun sialnya, Watson dan wanita itu malah diculik karena penculik itu mengira bahwa Watson adalah Sherlock Holmes. Penculikan Watson sekaligus membawa Sherlock datang menemui pelaku itu.

---

Dari awal saya baca komik ini, saya lumayan bingung karena sepertinya awal mula ceritanya itu seperti tidak nyambung dengan kasus yang akan dipecahkan. Saya baru menemukan letak sambungannya itu ketika on the way menuju ending. Di situ saya baru menemukan siapa pelakunya dan apa hubungannya dengan kasus ini.

Kalau boleh jujur, alur cerita seri "The Blind Banker" ini lebih seru dari pada seri sebelumnya. Karena menurut saya, permasalahan ini sangat kompleks dengan ending tak terduga. Serta alurnya sangat runtut sekali.

Masih menggunakan ilustrasi yang sama, ilustrasi dari komik ini dapat menuntun pembaca untuk memahami alur ceritanya yang mengangkat kasus lumayan berat, sebuah pembunuhan berantai misterius. Petualangan dalam pemecahan kasus ini sangat mengena dan tidak membosankan. 

Tapi sayangnya...
Ada beberapa percakapan antar tokoh yang kesannya lumayan awkward. Saya tidak tahu apakah percakapan itu langsung diterjemahkan bulat-bulat atau bagaimana. Namun hal itu tidak memengaruhi jalan cerita maupun percakapan tokoh yang lain.

Sehingga, untuk komik ini saya beri nilai 4,5/5

Komentar