Review komik - Sherlock "The Great Game"


Judul : Sherlock "The Great Game"
Naskah cerita Steven Moffat, Mark Gatiss
Ilustrasi : Jay.
Penerbit : m&c!


(Adaptasi dari serial Sherlock karya Sir Arthur Conan Doyle yang diputar di BBC)

.
.
.

Blurb : 

Sherlock merasa bosan karena tak ada kasus menarik. Di saat demikian, terjadilah sebuah kasus ledakan misterius di sekitar 22IB. Di dalam kotak untuk Sherlock yang ditemukan di tempat kejadian terdapat ponsel pink. Selain itu, muncul sosok misterius, yang melibatkan Sherlock dalam "great game", yang memaksa dia harus memecahkan misteri untuk membebaskan sandera.

...

Dalam serial komik 'Sherlock "The Great Game" ' ini, Sherlock ditantang untuk membebaskan seorang sandera yang di tubuhnya terdapat bom waktu yang dapat meledak jika Sherlock tidak segera datang menyelamatkannya. Namun, dalam pembebasan sandera tersebut tidaklah mudah. Berbagai kasus terus datang menghampiri Sherlock, bahkan Sherlock harus memecahkan teka-teki demi menangkap siapa pengebom itu.

Di seri ini, pembaca akan dikenalkan dengan kakak Sherlock Holmes, yaitu Mycroft Holmes yang saat itu datang menghampiri kediaman Sherlock dan tengah memperdebatkan sesuatu.

Hingga final dari 'The Great Game' ini adalah duel maut antara Sherlock Holmes dan musuh bebuyutannya yang tak kalah pintarnya dari Sherlock, yaitu James Moriarty yang tengah memanfaatkan Watson sebagai sanderanya.

---

Komik yang terbit ketiga ini menurut saya membutuhkan pemahaman lebih ketika membacanya. Karena tidak seperti kasus-kasus sebelumnya ketika Sherlock harus menangani satu kasus dan harus berfokus pada kasus itu. Pada kasus ketiga ini Sherlock justru terlibat pada beberapa kasus di waktu yang bersamaan. Sehingga, jika membacanya tidak konsen mungkin bisa bingung dengan alurnya.

Komik ini juga sama seperti komik sebelumnya yang membuat pembaca tidak pasif dan cenderung ikut berfikir akan siapa pembunuhnya, bagaimana nasib Watson nanti, serta bagaimana nasib korban sandera yang meminta pertolongan ke Sherlock. 

Tapi menurut saya, semakin banyak kasus dalam satu komik ini, semakin menarik alur ceritanya untuk diikuti karena saya merasa bahwa tidak hanya terjun dalam petualangan satu kasus saja, tetapi beberapa kasus lainnya.

Namun, ada beberapa percakapan yang agak awakward ketika dibaca, apalagi saat ada kata-kata yang ditambah kata-kata 'dong' . Ataukah ha tersebut hanya untuk meluweskan dialog antar tokoh, saya juga kurang mengerti. Yang jelas, menurut saya hal itu sedikit awakward.

But overall, saya sangat suka dengan petualangan kasus ketiga ini, sehingga saya memberi skor 4/5 pada komik ini.

Komentar