Review komik - Sherlock Holmes "A Study in Pink"



Judul : Sherlock "A Study in Pink"
Naskah cerita Steven Moffat, Mark Gatiss
Ilustrasi : Jay.
Penerbit : m&c!
(Adaptasi dari serial Sherlock karya Sir Arthur Conan Doyle yang diputar di BBC)

.
.
.


Blurb :

Watson yang terpuruk setelah kembali dari penempatan di Afganistan, bertemu dengan teman baiknya waktu masih di sekolah kedokteran, lalu ia dikenalkan pada orang yang bisa berbagi sewa kamar dengannya. Hanya dengan sekali lihat, orang yang dikenalkan pada Watson itu sudah bisa menebak bahwa Watson adalah dokter bedah yang baru pulang dari tugas di Timur Tengah, bahwa Watson punya saudara yang punya kecenderungan minum-minum, bahkan fakta bahwa Watson menjalani konseling! Nama orang itu adalah "Sherlock Holmes"...

Kebangkitan kembali tokoh Holmes di London era modern! Dia akan mengejar para penjahat dengan menggunakan smartphone dan segala teknologi yang ada di era modern!

...

Komik Sherlock seri pertama ini menceritakan bagaimana seorang John Watson bertemu dan pada akhirnya menjadi partner tetap Sherlock Holmes dalam setiap memecahkan kasusnya. 
Komik ini mengambil tema 'Study in Pink' yang menantang Sherlock serta Watson dalam menelusuri kasus pembunuhan seorang wanita pemiliki koper warna pink. Wanita pemilik koper warna pink itu meninggal secara misterius. Berbagai dugaan mencampuri pikiran Sherlock dan Watson.

Hingga suatu ketika, Sherlock dan Watson telah menemukan pelakunya. Namun, sepertinya pelaku itu memiliki kecerdasan hampir yang setaraf dengan Sherlock. Pelaku itu...membawa Sherlock dalam sebuah pertemuan.

---

So, actually... this is my first time  to review the comic. Dan komik pertama yang aku review adalah komik Sherlock "Study in Pink". 

Komik Sherlock ini telah mendapatkan pembaharuan, baik dari segi gambar tokoh, cerita, maupun seri ceritanya yang telah condong ke Sherlock versi tayangan BBC terbaru. Jadi, ketika baca komik ini rasanya memang benar-benar seperti nonton aksinya Benedict Cumberbatch -aktor yang memerankan Sherlock Holmes- serta Martin Freeman -aktor yang memerankan John Watson-. Kisahnya juga tidak beda jauh dengan film yang ditayangkan. Tapi, mungkin bagi kalian yang belum terlalu paham dengan konflik permasalahannya, komik ini bisa membantu memahamkan kalian dalam mengikuti alur ceritanya. Karena kasus-kasusnya Sherlock Holmes itu termasuk kasus yang berat yang tidak biasa.

Ilustrasi komik ini juga sangat rapi dan tidak melenceng dari orang aslinya, sehingga alur ceritanya juga mudah untuk diikuti dan akan lebih paham dengan sifat-sifat tokoh di sini. 

Saya pribadi juga agak sanksi jika komik Sherlock Holmes ini digolongkan ke dalam bacaan ringan. Karena menurut saya, baik novel maupun komik yang berbau detektif itu pasti secara tidak langsung mengajak pembacanya untuk tidak pasif dan ikut beripikir. Apalagi komik Sherlock ini, tokoh-tokoh kriminal yang akab ditangkap itu pasti  membuat pembaca tidak terduga.

Meskipun bukan tergolong bacaan ringan, tetapi komik ini memiliki alur cerita yang seru dan mengajak kita untuk berpetualang menyusuri kota London. 

So, komik ini saya beri skor 4,5/5

Komentar