Review - Momiji "Mencari gadis impian di negeri sakura"

Judul : Momiji
Penulis : Orizuka
Tebal : 210 halaman
Penerbit : Haru
Tahun terbit : 2017
ISBN : 978-602-60443-8-9
.
.
.
Blurb :
Patriot Bela Negara lelah punya nama seperti itu,
terutama karena dia memiliki fisik dan mental yang sama sekali tidak seperti patriot,
apalagi yang siap membela negara

Seumur hidupnya, Patriot diolok-olok hingga akhirnya, dia memutuskan memberontak.
Dia jadi gandrung Jepang, belajar bahasa Jepang, dan punya cita-cita pergi ke Jepang untuk bertemu Yamato Nadeshiko -tipe wanita ideal versi Jepang.

Di usianya yang kedua puluh, Patriot  akhirnya berada selangkah lebih dekat dengan cita-citanya itu.
Dia menginjak Jepang untuk ikut program pendek musim gugur di Osaka dan beruntung baginya, orang tua inang tempatnya homestay punya anak gadis seusianya!

Shiraishi Momiji gadis itu, mungkin adalah buah penantiannya selama ini

...Atau mungkin bukan.





Patriot Bela Negara atau yang enaknya dipanggil Pabel hanyalah pemuda biasa yang hidupnya tidak terlalu spesial. Memiliki nama yang terkesan 'wah' ternyata tidak berdampak 'wah' pada dirinya sendiri. Bahkan, ia menganggap bahwa namanya iu begitu ironi hingga menjadi bahan ledekan temannya.
.
Pabel ini adalah seorang fans berat yang berhubungan dengan Jepang, apapun yang berhubungan dengan Jepang ia sukai, bahkan sampai mencari kursus bahasa Jepang yang low budget alias murah demi meraih mimpinya untuk bisa pergi ke Jepang dan bertemu dengan wanita impiannya. Akhirnya, ia memutuskan untuk mengambil program pendek di Osaka agar ia bisa bertahan lebih lama lagi di Jepang. Apapun ia usahakan supaya ia bisa ke Jepang dengan waktu yang tidak singkat. Mungkin, iming-iming dari imajinasinya lah yang memotivasi keputusannya itu. 
.
Di Jepang, ia tinggal dengan keluarga sederhana yang memiliki dua anak, satu anak perempuan seusianya dan satunya lagi anak laki-laki yang lebih muda darinya. Pabel mengetahui nama anak gadis itu adalah Momiji, atau lengkapnya Shiraishi Momiji. Pabel mengira-ngira bahwa Momiji adalah gadis cantik yang merupakan Yamato Nadeshikonya. Mengingat hal itu membuat Pabel tersenyum-senyum sendiri.

.
.

So, ini adalah novel karya Kak Orizuka lainnya yang aku baca. Seperti pada novel-novel sebelumnya, Kak Orizuka mengangkat tema kehidupan anak muda yang tidak lepas dari sekolah, romansa, hingga konflik-konflik kecil lainnya yang bahkan membuat kisah itu menjadi manis.

Sama seperti yang saya temukan di novel Momiji ini. Novel yang berkisah tentang kegigihan seorang Patriot Bela Negara untuk sampai ke negeri sakura sampai kejadian-kejadian aneh ketika ia di negeri sakura sangat menarik untuk diikuti. Menarik karena dari salah satu tokohnya, yaitu Patriot Bela Negara ini sendiri terkesan sangat terbuli dan kalau aku boleh membayangkan, sosok Patriot Bela Negara ini hampir seperti anak cupu yang selalu terbuli, ditambah lagi, Patriot Bela Negara ini sangat menggandrungi Jepang. Selain itu, adegan bagaimana cara Patriot Bela Negara yang menanggapi kejadian-kejadian aneh dan tak terduga di Jepang dan keyakinannya untuk bertemu dengan wanita idealnya di Jepang sukses membuat saya tertawa, belum lagi Patriot Bela Negara ini seperti orang yang tengah menerima nasib ala kadarnya ketika menghadapi semuanya di Jepang. 

Novel ini memang sangat cocok jika disebut sebagai novel teenlit dan menjadi bacaan santai karena alurnya ringan dan tidak neko-neko. Selain itu, pemilihan Jepang sebagai latar tempat juga membuat sangat asyik jika turut serta dimasukka ke imajinasi.

Namun menurut saya, ada sedikit yang sayang dari novel ini. Saya cukup lama menunggu konflik yang benar-benar 'wow', tetapi setelah membaca sampai akhir saya baru sadar jika konfliknya tidak se 'wow' yang saya duga. Tetapi hal tersebut tidak mengurangi keseruan perjalanan Patriot Bela Negara selama di negeri sakura.

Terakhir, amanat dari yang tersirat dari novel ini sangatlah bagus, apalagi jika disampaikan untuk remaja yang ingin berkuliah di luar negeri, bahwa kejarlah mimpi itu dengan usaha. Terbukti dari usaha Patriot Bela Negara yang mengikuti kursus bahasa Jepang demi mimpinya bisa homestay menempuh pendidikan di Jepang.

.
.

Dan overall, aku beri skor 4/5 untuk novel kece ini. 

Komentar