Review Novel Ailurofil


Judul : Ailurofil
Penulis : Triani Retno A.
Tebal : 184 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2016
ISBN : 978-602-03-2547-7

.
.
.

Blurb :

Nasya Aurelia sangat suka kucing. Ia bercita-cita ingin memiliki cat shop, lengkap dengan salon kucing, hotel kucing, klinik kucing, hingga panti asuhan dan kursus kucing. Tapi Nasya bingung, di kampus mana ia harus kuliah agar cita-cita itu terwujud. Tidak ada satu pun kampus yang menyediakan Fakultas Ilmu Kucing. Gimana dong?

Namun, masalah rencana kuliah itu belum seberapa dibanding kegalauannya. Setelah sekian lama naksir diam-diam dan akhirnya jadian, Nasya baru menyadari bahwa Rio -cowok paling keren di sekolah- ternyata benci banget sama kucing. Masa ia harus mutusin cowok demi kucing?

Hingga suatu saat sahabatnya, Alvin, menyodorkan ide brilian yang bikin mata dan pikiran Nasya terbuka...

Ai.lu.ro.fi.li : orang yang sangat tertarik pada kucing

...

Nasya adalah seorang siswi sekolah menengah atas yang gandrung banget sama yang namanya kucing. Apa-apa harus berbau kucing. Bahkan, ia rela ketika kucing kesayangannya harus melahirkan di kasur tidurnya. Sehingga, ia dijuluki 'Ratu Kucing' sama teman-temannya. Kejadian kucingnya yang melahirkan itu membuatnya harus telat dan dihukum bersama cowok keren di sekolahannya, Rio. Dalam hati, Nasya bersorak gembira sampai akhirnya, pertemuan yang bermula dan telat bareng tersebut berujung jadian.

Awalnya, tidak terjadi konflik apa-apa antara Nasya dan Rio. Hingga suatu hati, Rio menolak kegiatan Nasya yang menolong kucing di jalanan secara langsung. Hal tersebut membuat Nasya marah dan berujung memutuskan Rio karena Rio bukan cowok pecinta kucing. Seperti prinsip Nasya yang serba kucing, cowoknya pun harus pecinta kucing dan mendukung apa yang Nasya sukai, yaitu kucing.

Kegalauan Nasya merambah ke pemikirannya akan kuliah kemana. Untung saja, ia memiliki sahabat setia, Alvin yang selalu mendukung dan memberikan jalan keluar untuk Nasya dengan segala keenceran otaknya. Nasya sangat beruntung memiliki sahabat seperti Alvin.

---

Novel teenlit lainnya yang sudah aku baca adalah Ailurofil karya Kak Triani Retno. Novel ini mengusung konsep yang unik, yaitu tentang seorang penggemar berat kucing level tinggi. Karena ini novel teenlit, maka alurnya pun terkesan sederhana dan masih mengangkat seputar percintaan dan persahabatan remaja, dan juga novel ini berlatar belakangkan kehidupan di sekolah. 

Novel ini selain alurnya yang sederhana dan tidak neko-neko juga memiliki kesan yang manis ketika melihat Nasya dengan telatennya mengasuh kucing-kucingnya dengan sabar dan telaten. Novel ini juga tergolong bacaan ringan karena konfliknya pun tidak berat alias ringan. Hanya seputar kegalauan Nasya yang ingin memutuskan Rio, pacarnya hanya gara-gara cowok itu tidak suka kucing. Serta kegalauan Nasya akan kuliah kemana. Intinya, konflik di sini lebih condong ke konflik batin. Mungkin jika konfliknya lebih dinaikkan lagi levelnya, saya akan lebih greget lagi dan hampir tidak terkena kebosanan ketika membacanya.

Untuk tokohnya sendiri, saya suka dengan Nasya yang sangat sayang dengan binatang dan memiliki pendirian yang kuat, serta Alvin yang sangat setia berada di samping Nasya jika gadis itu butuh. Yah, namanya persahabatan layaknya juga seperti ini. Dan satu hal lagi yang saya suka dari novel ini adalah antar tokoh satu dan yang lainnya dapat menghidupkan suasana yang sangat kental akan masa-masa sekolah yang manis.

So, overall aku kasih skor 4/5 untuk novel ini.


Komentar