Review - Oppa&I Series


Judul : Oppa&I Series
Penulis : Orizuka dan Lia Indra Andriana
Tebal : 540 halaman
Penerbit : Haru
Tahun terbit : 2016
ISBN : 978-602-6383-11-2

.
.
.

Blurb : 

Jae In :
'Oppa'.
Apa panggilan itu tidak terdengar lucu?
Terutama setelah kau pergi meninggalkanku begitu saja lima tahun lalu?
Sekarang saat bertemu lagi, apa yang membuat senyummu selebar itu?
Apa kau senang melihatku seperti ini?

Jae Kwon :
Jae In-a.
Kau dulu menggemaskan, tetapi sekarang mengapa begini?
Siapa yang membuatmu susah, katakan pada Oppa!
Oppa tak akan membiarkan siapapun menyakitimu!
Oppa akan melindungimu!

---

Novel Oppa&I Series ini adalah edisi spesial memeringati lima tahun novel Oppa&I. Jadi, novel ini bakal menceritakan kehidupan si kembar yang memiliki kepribadian bertolak belakang ini -Jae Kwon yang easy going  dan cheerful serta Jae In yang terkesan pendiam-. Mereka pernah terpisahkan oleh perbedaan ruang dan waktu, Jae Kwon mengikuti ayahnya di Korea, sementara Jae In mengikuti ibunya di Indonesia setelah akhirnya kedua orang tua mereka memutuskan untuk rujuk kembali.
Setelah keluarga ini utuh, Jae Kwon harus berusaha meyakinkan Jae In bahwa ia sangat sayang pada adik kembarnya tersebut. 

Masalah mereka juga tidak sampai disitu. Jae In pribadi, yang pada akhirnya menjalin hubungan dengan Seung Won, si aktor terkenal harus berusaha menghadapi fans-fans Seung Won yang super ganas. Bahkan, Jae In menjadi korban buli dan itu membuat Jae Kwon naik pitam, terutama kepada Seung Won yang Jae Kwon nilai hanya diam saja.

Jae Kwon dan Jae In selalu dikelilingi oleh orang-orang yang luar biasa yang selalu ada di antara mereka.

...

Novel ini, meskipun ditulis oleh penulis Indonesia, novel ini memiliki nuansa Korea Selatan yang sangat kental. Selain itu, novel yang memiliki kombinasi genre kekeluargaan, romansa, dan juga pertemanan ini terpadu dengan sangat manis dan menyatu dengan sempurna.

Kadang, saya itu gemes sekali dengan sosok Jae In yang susah sekali untuk jadi easy going seperti Jae Kwon -anak kembar masih punya perbedaan ternyata, ya. Hihihi-. Saya kira, novel ini nyaris tidak ada konfliknya karena melihat sampulnya saja kesannya sudah manis. Tapi... baru saja saya mengawali ceritanya sudah disuguhkan dengan konflik batin yang dialami Jae In. Saya akui, ini unik.

Ditambah lagi, tokoh satu dengan yang lainnya itu bisa sangat mendukung dan menyeimbangkan. Sehingga, novel ini kesannya tidak kaku dan tidak membosankan. 

Novel Oppa&I Series ini juga tidak lepas dari yang namanya Hallyu atau Korean Wave yang saat ini masih eksis di Indonesia. Tidak jarang, para tokoh di novel ini juga menyebutkan nama-nama idol K-Pop yang pastinya bikin kangen terutama era K-Pop zaman dulu. Sehingga, novel ini cocok sekali buat direkomendasikan ke teman-teman pecinta K-Pop atau sesuatu yang berbau Korea. 

So, untuk novel ini aku kasih skor 4,5/5

Komentar